Menemukan yang Tidak Dilihat Google
Kadang-kadang Google seperti buta. Website tak berguna yang penuh dengan iklan mendominasi hasil pencarian. Cukup sudah! Dalam artikel ini akan Anda baca bagaimana menemukan content yang tepat dengan cepat.
Pada pencarian produk, kejadiannya juga sama parahnya. Jika Anda mencari pakaian renang wanita misalnya, tanpa dapat dihindari Anda akan disuguhi eBay-hits dengan jadwal lelang yang sudah lewat plus tawaran untuk penyedotan lemak paha dan operasi payudara.
Hasil pencarian yang menyebalkan ini dapat dihindari. Dengan parameter pencarian khusus, Anda bisa membantu Google agar mencari secara lebih terarah. Jika hasilnya masih belum memuaskan, gunakan saja search-engine lainnya.
Dalam artikel ini, CHIP akan menunjukkan trik-trik terbaik dan alternatif pencarian yang tepat.
Meningkatkan kuota hit
Masalah: Bukannya informasi yang diinginkan, Google malah menampilkan daftar tawaran penjualan dan website porno.
Solusi: Pada istilah umum seperti ‘anonymous’, directory-search Google sangat berguna. Klik link ‘Direktori’ agar Google menampilkan website yang dipilih secara redaksional dan disusun berdasarkan kategorinya, misalnya ‘Computer’. Namun, begitu Anda memasukkan sebuah permintaan pencarian yang lebih spesifik, misalnya ‘Siemens Gigaset operating instructions’, redaksi Google hanya menampilkan sampah iklan atau tidak menemukan apa-apa sama sekali.
Website http://del.icio.us disediakan untuk membantu Anda. Layanan pencarian ini tidak komersial. Hasil pencarian yang ditampilkan merupakan saran dari pengguna lain. Di samping hasil pencariannya dapat Anda lihat berapa banyak peselancar yang telah menyimpan website yang bersangkutan. Ini menjadi petunjuk sahih mengenai kegunaan website yang ditemukan. Soalnya, siapa yang mau menyimpan sampah iklan secara sukarela di hard disknya?
Tata cara penulisan
Masalah: Akibat reformasi cara penulisan istilah yang dijalankan secara amburadul, ada banyak cara penulisan untuk sebuah istilah tertentu. Ini sangat mempersulit pencarian dengan Google.
Solusi: Website www.lexiquo.net memperhatikan cara penulisan alternatif. Jika Anda mencari sebuah istilah dalam Bahasa Jerman, misalnya ‘Aluminiumflasche’, LexiQuo akan menampilkan penulisan alternatif Alu-Flasche, Aluminium-Flasche, dan Aluminiumflasche. Jika Anda mengklik salah satu istilah ini, LexiQuo akan menampilkan hasil pencarian dari Google, MSN, atau Yahoo. Sayangnya, LexiQuo baru mendukung 3 bahasa, yaitu Jerman, Inggris, dan Prancis.
Menerjemahkan kata
Masalah: Dengan fungsi ‘Translate a webpage’ yang terdapat di dalam ‘Language tools’, Anda hanya dapat menerjemahkan seluruh website dari/ke bahasa Inggris. Penerjemahan per kata akan lebih berguna karena penerjemah Google tidak dapat memahami ungkapan dan keterkaitan makna sehingga hasilnya terasa kacau.
Solusi: Untuk menerjemahkan sebuah kata berbahasa Inggris, instalasikan Google-Toolbar. Selanjutnya, dalam Toolbar-Options aktifkan ‘Word translator’. Sekarang, cari sebuah website berbahasa Inggris dan gerakan mouse-pointer ke satu kata. Satu kolom info akan langsung menampilkan terjemahan yang tepat dalam bahasa yang Anda pilih. Bahasa yang tersedia saat ini adalah Jerman, Jepang, Prancis, Itali, Korea, Spanyol, dan Cina. Inggris ke Indonesia entah kapan adanya.
Merestorasi hit-list
Masalah: Hasil pencarian hilang! Setelah Anda mengunjungi sebuah website yang menarik, secara tak sengaja Anda menutup browser dan tidak dapat kembali ke Google karena pengelola website berikutnya emmatikan tombol ‘Back’. Anda tidak ingat lagi alamat yang tadi. Hasil pencarian Google harus ditampilkan seperti sebelum Anda ‘tersesat’.
Solusi: Instalasikan Google-Toolbar. Tak jadi soal ke mana Anda menjelajah, input Anda tetap ada di dalam kolom Search. Bahkan, setelah Anda menutup jendela browser pun istilah pencarian tidak hilang. Kolom Search ini juga dapat dibuka sebagai daftar yang mencantumkan entri-entri hasil pencarian terakhir.
Menemukan teks yang relevan
Masalah: Website ilmiah seringkali isinya sangat panjang. Bila penulis tidak memecahnya ke dalam alinea-alinea yang jelas, pencarian informasi tertentu membutuhkan kerja keras.
Solusi: Dalam masalah ini Google-Toolbar juga dapat membantu. Bila icon Marker diaktifkan, secara otomatis search-engine akan menandai setiap istilah yang dicari dalam teks website yang ditemukan. Dengan mengklik icon kaca pembesar Anda dapat berpindah ke lokasi kata berikutnya.
Merencanakan perjalanan
Masalah: Anda berniat melakukan perjalanan ke sebuah negara tertentu. Setelah memasukkan nama negara tujuan, Anda hanya mendapatkan informasi umum disertai deretan hits yang sangat panjang. Anda tidak ingin memeriksa semuanya karena sangat melelahkan.
Solusi: Travel-portal memberikan info yang lebih baik dibandingkan search-engine. Di sana Anda dapat mencari hotel atau penerbangan secara terarah.
Info negara: Kunjungi travel-portal http://travel.yahoo.com. Begitu Anda mengetikkan nama negara tujuan, langsung muncul daftar tempat tujuan wisata, hotel, dan restoran.
Penerbangan: Penyedia penerbangan ternama dengan tujuan mancanegara dan tarif-tarif hotelnya dapat Anda temukan melalui Paket Rupiah (www.paketrupiah.com).
Jadwal kereta: Melalui Paket Rupiah Anda juga dapat melihat jadwal kereta api dari Jakarta ke kota-kota lain di Pulau Jawa berikut perkiraan harga tiketnya. Link untuk menuju ke sana terletak di bagian bawah website dalam kolom Travel Info.
Menemukan foto
Masalah: Pencarian foto Google memang menghasilkan banyak hit, tetapi Anda tidak bisa memasukkan kriteria tertentu seperti ‘Size’ atau ‘Black & White’.
Solusi: Picsearch (www.picsearch.com) adalah sebuah search-engine khusus foto. Untuk mencari sebuah wallpaper warna ukuran apa saja yang menampilkan ‘Paris Hilton’ misalnya, klik ‘Advanced Search’. Pilih ‘Only Images’, ‘Only Color’, dan ‘Wallpaper’ dari daftar. Ketikkan kriteria pencarian yang Anda inginkan (Paris Hilton) dan klik tombol ‘Search’. Hasilnya akan ditampilkan sebagai thumbnails disertai informasi ukuran wallpaper dan besarnya file.
Info aktual melalui e-mail
Masalah: Anda ingin selalu aktual tentang suatu topik. Anda harus selalu mengunjungi website tentang topik tersebut untuk mengetahui apakah ada hal yang baru atau tidak.
Solusi: Untuk tujuan di atas tersedia Google Alerts (www.google.co.id/alerts). Ketikkan istilah yang ingin Anda ikuti perkembangannya. Jangan lupa untuk memberikan alamat e-mail Anda. Pilih juga sumber informasi yang diinginkan (News, Web, atau Groups) dan sesering apa Anda diberitahu. Selanjutnya, klik link konfirmasi yang akan dikirimkan ke alamat e-mail Anda. Menampilkan hit-list di PC lain
Masalah: Setelah menemukan banyak website yang menarik dengan Google, Anda ingin mengaksesnya melalui laptop atau PC lain. Sayangnya, hasil pencarian Google tidak dapat disimpan.
Pertama, daftarkan diri Anda. Setelah memasukkan data yang diperlukan, dari PC mana pun Anda dapat mengakses hits yang telah disimpan.
Ask juga mampu menampilkan preview website. Bila Anda menggerakkan pointer ke icon teropong di samping hasil pencarian, sebuah jendela kecil akan menampilkan halaman website. Anda tidak perlu lagi mengklik setiap link untuk mengetahui isinya. Sayangnya, fasilitas ini belum berfungsi pada semua website.
Mematikan ranking-filter
Masalah: Anda menduga bahwa Google tidak menampilkan semua hasil pencarian yang ditemukannya karena daftar yang diberikan sangat pendek.
Solusi: Matikan filter Page-Rank. Lakukan pencarian seperti biasa. Selanjutnya, dalam kolom alamat browser tambahkan parameter ‘&filter=0’. Parameter ini akan mematikan duplicate-content-filter untuk sesi Google saat itu.
Spionase dengan Google
Dengan Google Anda dapat menemukan dokumen rahasia perusahaan, link musik, file film terbaru, dan lain-lain. Singkatnya, semua yang terlarang dapat ditemukan dengan Google.
1. Printer dan faksimil
2. Password
3. Musik dalam format MP3
4. Dokumen rahasia
Ribuan hit dapat dijaring dalam sepersekian detik. Di balik tampilan sederhana Google tersembunyi sebuah teknologi yang sangat rumit. CHIP menunjukkan ‘stasiun-stasiun’ yang dilalui sebuah permintaan hingga diperoleh hasil pencarian.
Rencana-Rencana Google
Google selalu menemukan layanan baru untuk ‘mengikat’ pengguna. CHIP mengamati 5 inovasi terbaru untuk Anda—sebagian masih dalam tahap Beta.
Google Page Creator:
Rancang homepage pribadi Anda dengan Google. http://pages.google.com
Google Transit:
Peta kota dan jadwal angkutan umum. Baru tersedia untuk Portland/AS.
www.google.com/transit
Google Sets:
Fungsi pencari praktis untuk istilah dengan makna serupa.
http://labs.google.com/sets
Calendar:
Dengan Gmail-account Anda dapat merencanakan aktivitas di Google.
www.google.com/calendar
Pencarian dengan kendali suara:
Rumor terpanas dari riset Google adalah pencarian dengan input suara. Ini terutama menarik untuk perangkat bergerak.
Ketikkan URL atau kriteria pencarian Anda setelah titik dua. PERHATIAN! Jangan ada spasi antara perintah dan istilah!
ext: Mencari tipe file tertentu.
Untuk menemukan tabel Excel, gunakan perintah ‘ext:xls’.
related: Website dengan tema-tema serupa dapat Anda temukan dengan ‘related:’, misalnya ‘related:chip.co.id’.
site: Menampilkan sub-site. Dengan perintah ‘site:chip.co.id’, Google akan menampilkan semua sub-site di bawah www.chip.co.id.
allinurl: Memperhatikan istilah pencarian dalam URL. Dengan mengetikkan ‘allinurl:chip’ Anda akan mendapatkan website yang menggunakan kata ‘Chip’ dalam alamatnya.
allintitle: Mencari istilah dalam baris judul. Dengan perintah ini Anda melakukan pencarian dalam baris-baris judul website, misalnya ‘allintitle:chip.co.id’.
define: Menampilkan penjelasan istilah. Anda ingin tahu arti kata ‘Mitochondria’? Dengan 'define:mitochondria’ Anda akan diberi daftar website yang menjelaskan istilah itu secara panjang lebar.
-: Mencari rangkaian bilangan dalam teks. Anda dapat menemukan music-charts terbaru dengan ‘allintitle:charts 1..100’.
link: Memeriksa popularitas website. Semakin menarik sebuah website, semakin banyak link ke sana dari website lainnya. Untuk mengetahui siapa saja yang menyediakan link ke homepage pribadi Anda, masukkan perintah ‘link:namahomepage’.
filetype:torrent: Menemukan file-file Torrent. Google berusaha menghalangi perintah ini. Namun, dengan mengetikkan nama file sebelum perintah ini, misalnya ‘superman filetype:torrent’, pencarian file-file BitTorrent masih dapat dilakukan.
movie: Menampilkan info film.
Penggemar film yang mengerti bahasa Inggris bisa mendapatkan review mengenai blockbuster aktual melalui perintah ‘movie:’. Untuk membaca review film Superman yang baru misalnya, ketikkan ‘movie:superman returns’.
»movie:gone with the wind« eingeben.
daterange: Menemukan website yang baru diindeks. Perintah ini akan menampilkan website yang diindeks Google dalam lingkup waktu tertentu. Masukkan lingkup waktu yang diinginkan dalam cara penulisan AS, misalnya ‘daterange:(2006-05-03)(2006-06-04)’.
Source : CHIP 08 2006
Author : AS.Pratisto@CHIP.co.id (KG)